TUGAS PERILAKU KONSUMEN


1.       Jelaskan yg dimaksut dengan perilaku konsumen dari 4 tokoh, simpulkan!

1.David L. Loundon dan Albert J.Della Bitta (1993) :
                Perilaku konsumen dapat di definisikan sebagai proses pengmbilan keputusan dan aktivitas individu secara fisik yang dilibatkan dalam prosees mengevaluasi,memperoleh,menggunakan atau mempergunakan barang-barang dan jasa.

2.James F.Engel :
                Perilaku konsumen didefinisikan sebagai tindakan-tindakan individu yang secara langung terlibat dalam usaha memperoleh dan menggunakan barang/jasa ekonomis termasuk proses pengambilan keputusan yang menentukan tindakan tersebut.

3. Shiffman dan Kanuk (2000)
Perilaku yang diperhatikan konsumen dalam mencari, membeli, menggunakan, mengevaluasi dan mengabaikan produk, jasa, atau ide yang diharapkan dapat memuaskan konsumen untuk dapat memuaskan kebutuhannya dengan mengkonsumsi produk atau jasa yang ditawarkan.
4. Ebert dan Griffin (1995)
Perilaku konsumen adalah upaya konsumen untuk membuat keputusan tentang suatu produk yang dibeli dan dikonsumsi.
KESIMPULAN :
Merupakan tindakan yang dilakukan oleh individu, kelompok atau organisasi yang berhubungan dengan proses pengambilan keputusan dalam mendapatkan, menggunakan barang atau jasa ekonomis yang dapat dipengaruhi lingkungan.

2.Apakah yang dimaksut dengan :
                A. Perilaku konsumen bersifat dinamis :
berarti bahwa perilaku seorang  konsumen, grup konsumen, ataupun masyarakat luas selalu berubah dan bergerak sepanjang waktu.
                B.Perilaku konsumen melibatkan pertukaran :
peran pemasaran adalah untuk menciptakan pertukaran dengan konsumen melalui formulasi dan penerapan strategi pemasaran.
                C.Perilaku konsumen melibatkan interaksi :
                                Perilaku konsumen melibatkan interaksi antara afeksi (perasaan) dan kognisi
(pemikiran), perilaku dan kejadian di sekitar.

3.Bidang studi apasaja yang terkait dengan perilaku konsumen ?
Sosiologi
Memberikan sumbangan dalam mempelajari kekuatan sosial yang memengaruhi konsumen seperti konsep struktur sosial, keluarga, kelas sosial, ethnis, gender dan gaya hidup yang dapat memengaruhi perilaku individu maupun kelompok.

Antropologi
Memberikan sumbangan dalam memahami fenomena konsumsi ritual, mitos, simbol, dan aspek budaya lain.

Ekonomi
Membantu dalam memberikan pemahaman tentang keterkaitan antara kebijakan harga dengan respon perilaku konsumen serta adanya perbedaan perilaku konsumsi akibat perbedaan tingkat ekonomi antar masyarakat.

Psikologi
Membantu dalam memahami proses-proses psikologi yang sifatnya individual seperti kepribadian, motivasi, persepsi, proses belajar, sikap dan dinamika kelompok yang berpengaruh terhadap perilaku konsumen.


SUMBER :
Setiadi, Nugroho J. Dr., 2010. Perilaku Konsumen : Perspektif Kontemporer pada Motif, Tujuan, dan Keinginan Konsumen. Jakarta : Kencana.
Suryani, Tatik., 2008. Perilaku Konsumen. Yogyakarta : Graha Ilmu.

No comments:

Post a Comment