1.
Jelaskan yg dimaksut dengan perilaku konsumen
dari 4 tokoh, simpulkan!
1.David L. Loundon dan Albert J.Della Bitta
(1993) :
Perilaku
konsumen dapat di definisikan sebagai proses pengmbilan keputusan dan aktivitas
individu secara fisik yang dilibatkan dalam prosees
mengevaluasi,memperoleh,menggunakan atau mempergunakan barang-barang dan jasa.
2.James F.Engel :
Perilaku
konsumen didefinisikan sebagai tindakan-tindakan individu yang secara langung
terlibat dalam usaha memperoleh dan menggunakan barang/jasa ekonomis termasuk proses
pengambilan keputusan yang menentukan tindakan tersebut.
3. Shiffman dan Kanuk (2000)
Perilaku yang
diperhatikan konsumen dalam mencari, membeli, menggunakan, mengevaluasi dan
mengabaikan produk, jasa, atau ide yang diharapkan dapat memuaskan konsumen
untuk dapat memuaskan kebutuhannya dengan mengkonsumsi produk atau jasa yang
ditawarkan.
4. Ebert dan Griffin (1995)
Perilaku konsumen
adalah upaya konsumen untuk membuat keputusan tentang suatu produk yang dibeli
dan dikonsumsi.
KESIMPULAN :
Merupakan tindakan yang dilakukan oleh individu, kelompok
atau organisasi yang berhubungan dengan proses pengambilan keputusan dalam
mendapatkan, menggunakan barang atau jasa ekonomis yang dapat dipengaruhi
lingkungan.
2.Apakah yang dimaksut dengan :
A. Perilaku
konsumen bersifat dinamis :
berarti bahwa
perilaku seorang konsumen, grup konsumen,
ataupun masyarakat luas selalu berubah dan bergerak sepanjang waktu.
B.Perilaku
konsumen melibatkan pertukaran :
peran pemasaran
adalah untuk menciptakan pertukaran dengan konsumen melalui formulasi dan penerapan
strategi pemasaran.
C.Perilaku
konsumen melibatkan interaksi :
Perilaku
konsumen melibatkan interaksi antara afeksi (perasaan) dan kognisi
(pemikiran), perilaku dan kejadian
di sekitar.
3.Bidang studi apasaja yang terkait dengan perilaku konsumen
?
Sosiologi
Memberikan sumbangan dalam mempelajari kekuatan sosial yang
memengaruhi konsumen seperti konsep struktur sosial, keluarga, kelas sosial,
ethnis, gender dan gaya hidup yang dapat memengaruhi perilaku individu maupun
kelompok.
Antropologi
Memberikan sumbangan dalam memahami fenomena konsumsi
ritual, mitos, simbol, dan aspek budaya lain.
Ekonomi
Membantu dalam memberikan pemahaman tentang keterkaitan
antara kebijakan harga dengan respon perilaku konsumen serta adanya perbedaan
perilaku konsumsi akibat perbedaan tingkat ekonomi antar masyarakat.
Psikologi
Membantu dalam memahami proses-proses psikologi yang
sifatnya individual seperti kepribadian, motivasi, persepsi, proses belajar,
sikap dan dinamika kelompok yang berpengaruh terhadap perilaku konsumen.
SUMBER :
Setiadi, Nugroho J. Dr., 2010. Perilaku Konsumen :
Perspektif Kontemporer pada Motif, Tujuan, dan Keinginan Konsumen. Jakarta :
Kencana.
Suryani, Tatik., 2008. Perilaku Konsumen. Yogyakarta : Graha
Ilmu.
No comments:
Post a Comment